Thursday 11 September 2014

Di balik tayangan Jejak Petualang Trans7



       kayaknya gw udah gak bisa lagi menyembunyikan pesona JP dalam hati gw. Yah, dari yang awalnya Cuma sekedar ngelirik singkat tayangan JP (Jejak Petualang Trans7), ternyata makin hari gw makin cintaaa ma tayangan ini. Gw sampe bela-belain langsung ngacir begitu kuliah terakhir selesai, ga peduli dan ga mau tau kalo ada kuliah tambahan, dan menolak semua ajakan jalan-jalan sepulang ngampus. Semua itu cuma supaya gw bisa nyampe rumah tepat pukul 4.15 sore WITA buat menyaksikan JP di tv..

       Buat gw, Jejak Petualang bukan Cuma sekedar program acara yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah plus host-host yang cakepnya bikin ngiri sekabupaten. Tapi buat gw, JP adalah ‘pintu ajaib’ yang mampu membawa dan membuka mata kita bahwa ada saat dimana kebahagiaan itu sangat sederhana dan natural. Gw paling suka kalo JP udah masuk pedalaman dan ‘mencoba hidup’ layaknya masyarakat lokal. Beradaptasi dengan culture yang begitu beragam dan amazing di Nusantara kita ini. Satu hal yang sangat gw syukuri adalah “dilahirkan dan dibesarkan di Negeri yang punya sejuta culture dan pemandangan eksotis paling indah di dunia” :D (y)

       Lewat Jejak Petualang, gw jadi interest sama banyak hal. Sosial dan budaya di indonesia, suku, tarian adat, tempat-tempat unik, traveling, hewan-hewan endemik di Indonesia, spesies yang terancam punah, kuliner tradisional, dan masih banyak lagi. Hal yang buat sangat menyesal adalah keterlambatan gw “cinta” ma acara ini sekaligus membuat gw terlambat juga mengagumi indahnya negeri tempat kelahiran gw sendiri. :’( iya.. gw telat kecantol ama acara ini. Baru sukanya pas gw kuliah. Padahal Jejak Petualang sendiri udah ada sekitar tahun 2002. *telaaaat bangeet siih dakuw. Soalnya waktu jaman2 SMA dulu, kalo ngeliat mbak Medina Kamil nongol di JP gw selalu ngomong dalam hati “nih cewek makannya sembarangan banget sih ! sampe ulat sagu yang masih hidup dikunyah ma dia!”.. hahaha sekarang nyesel gw Mpok! :p

       Kalo udah duduk depan tv dengan pose santai sambil nonton JP, gw ngerasa sensasi lagi berkeliling Indonesia. Yang nonton aja ngerasa ampe sigitunya, gimana sama host dan crew JP yak? Indah banget tuh kayaknya kerjaannya. Haha. Oh iya, setahu gw sih host JP itu ada Mbak Riyani Djangkaru, Medina Kamil, Chintya Tengens, Vika Fitriana dan Jovita Ayu.  Masih ada yang lain sih tapi yang sering gw liat nongol di tipi, yah mereka-mereka itu.  thanks yah buat mbak Chintya Tengens yang udh mau bales koment gw di sosmed. Masih ingat insiden “Chintya Kastanya dan Chintya Tandatanya” nggak mbak? Hehe. Sorry yak mbak kalo gw agak iseng.. :D gw udik perkara retweet me-retweet gini.. Medina Kamil kapan yah mau bales puluhan mention gw. apa harus kaki-dikepala-kepala-dikaki dulu? atau harus muncak di Rinjani dulu? Belebeb dah! (nih bahasanya mbak Dina yg gw sendiri ga ngerti artinya apa). ngomongin soal "kaki-dikepala-kepala-dikaki" alias pose Headstand, gw pernah nyoba sekali! bisa sih.. *tepoktangan* tapi bsok paginya gw ngampus dengan muka miring ke arah kanan! salah urat!!  -_- *mestinya pas photo ini diupload, harus disertai tulisan "dilarang meniru adegan ini di rumah" atau "Pose ini berbahaya dan hanya dilakukan oleh orang-orang profesional" xD
         Oia, Jejak Petualang ada host baru loh.. gw baru sekali liat dia nongol di tv. namanya Annisa Malati (kenapa gak Melati aja yah sekalian, nanggung mbak.. xD). Nah, si Annisa Malati ini kalo diliat2, diraba dan diterawang hihihi ,, kok rada-rada mirip Mbk Medina Kamil yah?? mukanya sih gak mirip, tapi kalo diliat ga tau knapa langsung keingat Medina Kamil pas awal-awal ngehost di JP dulu.. cuma bedanya si Nisa ini *sok akrab bgt sih badannya agak gemukan dikit. dikit doang yaa mbk, ga banyak-banyak. kabarnya sih, udah ada sebutan aja die "si embem" :D Tapi menurut prediksi dan ilmu terka-terkaan gw, Annisa Malati bakal jadi penerus Medina Kamil deh. tinggal nunggu beberapa kali tayang, pasti follower dia bakal bunyi-bunyi K juga.. haha. Oia, buat tmn-tmn yang pengen kenal si Mbk lebih dekat, follow aja twitternya @annisamalati atau Instagram @a.malati. dia baik loh.. suka bales mention2 penggemar.. :)

       Tapi yang gak boleh dilupain dan patut diacungin jempol juga adalah kameramen, penulis naskah dan reporter Jejak Petualang. Mereka orang-orang cerdas dan kreatif penuh inspirasi. :D Walaupun gw temasuk orang-orang pemerhati belakang layar,hehe, tapi gw gak bisa hafal semua krunya sih. Paling satu dua orang aja, macam  @indra_ing, @madhiggins, Bang Irfan dan mpok Hanidah Zaki. *haii Hanidah Zaki.. xD Makasih udah mau koment-koment an ma gw. Ada satu sih lagi sih yang pengen gw tau, yaitu pengisi suara di JP. Siapa ya mbak??

       Saking cintaanya gw ama ni acara, gw pernah kepikiran buat ngelamat jadi Host di Jejak Petualang. tapi niat itu langsung pupus di tengah jalan begitu gw tau persyaratanya ! baru poin pertama gw dipaksa untuk mengubur dalam-dalam impian gw itu. soalnya ada persyaratan yang ngomong kyk gini "Tinggi badan minimal 165cm, dan berpenampilan MENARIK !!" *Oooh, God ! gw langsung nangis gerung-gerung begitu ngeliat perawakan gw di depan cermin :'( :'( :'(



       Harapan gw sih mudah-mudahan Jejak Petualang tetap eksis nongol di tipi dan membantu menyebarluaskan keindahan alam Indonesia. Jangan pernah berhenti untuk menjelajah negeri ini. Jangan pernah berhenti melestarikan Indonesia di hati masyarakatnya sendiri, dan jangan pernah berhenti untuk membuka mata orang-orang bahwa ada saat dimana kebahagian itu sangat sederhana dan natural.

No comments:

Post a Comment